PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH MANDIRI PAYMENT POINT UNMUHA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bank Syariah Mandiri (BSM) Payment Point UNMUHA adalah perbankan syariah di Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) yang bergerak dibidang pelayanan jasa, kualitas pelayanan yang baik akan mampu mempengaruhi kenyamanan pelanggan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan BSM Payment Point UNMUHA terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNMUHA
Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNMUHA sebanyak 1.381 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 93 orang yang dipilih secara Stratified Random Sampling. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas, untuk variabel terikatnya yakni kepuasan mahasiswa (Y) sedangkan variabel bebasnya reliability (X1), responsiveness (X2), asssurance (X3), emphaty (X4), dan tangible (X5).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan BSM Payment Point UNMUHA terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNMUHA untuk dimensi kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan tertinggi adalah dimensi responsiveness yaitu sebesar 2,920 dan untuk dimensi kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan terendah adalah emphaty yaitu sebesar -1,315. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui, ternyata emphaty tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan BSM Payment Point UNMUHA dengan nilai koefisien -1,315. karena itu diharapkan kepada pihak BSM Payment Point UNMUHA dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang berhubungan dengan dimensi emphaty. Dengan adanya peningkatan terhadap kualitas pelayanan yang berhubungan dengan dimensi emphaty diharapkan pihak BSM Payment Point UNMUHA dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNMUHA.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Referensi
Addinsyah, TR (2011) ”Sistem Payment Point Online Dalam Hukum Perbankan”, Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Akdom dan Riduwan (2007) Rumus dan Data Dalam Analisis Statistik,
Cetakan kedua, Bandung: Alfabeta.
Arisanti, Desi (2009) “Perbedaan Kepuasan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Terhadap Kualitas Layanan Bank BPD Aceh Unit Darussalam dan Bank BRI Unit Darussalam”, Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.
Engel, James F (2007) Costumer Behavior, Jilid Satu Edisi Kesepuluh, Binarupa Aksara, Jakarta.
Gaspersz, Vincent (2007) Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, Yayasan Indonesia Emas, institut Vincent dan PT.Gramedia Utama, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009) Manajemen Pemasaran, Edisi ke- 12, Jakarta: Indeks.
Malhotra. (2005). Marketing Research. New York, Grow Hill Book campany. Ar, M., Yusliana, Y., & Mauliansyah, H. (2023). Efek Digitalisasi: Peluang Dan
Tantangan Bagi Profesi Akuntan Syariah. Jurnal Akuntansi Muhammadiyah, 13(2). Https://Doi.Org/10.37598/Jam.V13i2.1898
Mauliansyah, H., Umar, Z., Mj, E., & Fata, A. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Manukfaktur Sektor Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi Muhammadiyah, 13(1). Https://Doi.Org/10.37598/Jam.V13i1.1782
Rivai, Veithazal dkk (2007) Bank and Financial Institution Manajement, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Schiffman, Leon dan Leslie Kanuk (2008) Perilaku Konsumen, Cetakan keempat, PT.Indeks, Jakarta.
Singarinbun, Masri (2008) Metode Penelitian Survey, Cetakan Kedua, Jakarta: LP3ES.
Soegito, Eddy Soeryatno (2007) Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra (2008) Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima, Andi Offset, Yogyakarta.
Thursina, Eva (2011) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Jasa Penerbangan Sriwijaya Air di Kota Banda Aceh, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh.